ANALISIS PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILTY TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN SEKTOR PERTAMBANGAN YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2014

Winni Andria B51111039

Abstract


Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan  salah satu bentuk kepedulian sebuah perusahaan terhadap lingkungan. Saat ini CSR bertujuan tidak hanya  untuk memaksimalkan laba  tetapi juga dituntut untuk lebih mengakomodasi kebutuhan masyarakat dan stakeholder-nya. Penelitian ini juga dilakukan untuk memberikan bukti empiris pengaruh CSR terhadap kinerja perusahaan pertambangan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia  periode 2012-2014. Sampel penelitian ini menggunakan 20 perusahaan pertambangan yang listing di bursa efek indonesia periode 2012—2014.  Pengumpulan data dilakukan  dengan megumpulkan data sekunder berupa laporan keuangan yang dikeluarkan perusahaan setiap tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi sederhana.

Penelitian ini menjadikan penelitian sebelumnya sebagai sumber literatur dan referensi. Penelitian ini memiliki perbedaan dengan penelitian-penelitian sebelumnya. Perbedaannya terdapat pada tempat, populasi, atau sampel yang digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa corporate social responsibility tidak mempunyai pengaruh secara positif terhadap return of asset (ROA) dan return of equity (ROE) perusahaan pertambangan.

Kata kunci: corporate social responsibility (CSR), return of asset (ROA), return of equity (ROE), corporate social responsibility indeks (CSRI), perusahaan pertambangan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.