ANALISIS PENGENDALIAN SISTEM PENJUALAN KREDIT STUDI KASUS PADA CV. WAHANA SUKSES ABADI

AHMAD RAHMAN B41112106 admin

Abstract


Secara umum perusahaan perdagangan melakukan penjualan produknya secara kredit jika order dari pelanggan telah dipenuhi dengan pengiriman barang atau penyerahan jasa, untuk jangka waktu tertentu perusahaan memiliki piutang kepada pelanggannya. Terhadap adanya piutang ini, perusahaan harus melakukan pengelolaan yang baik sehingga tidak terjadi kredit macet. Penelitian ini membahas masalah bagaimana sistem dan prosedur pemberian serta penagihan kredit pada CV. Wahana Sukses Abadi dan bagaimana penerapan pengendalian internnya. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana sistem dan prosedur pemberian serta penagihan kredit dan untuk mengetahui bagaimana penerapan pengendalian intern pada CV. Wahana Sukses Abadi.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi khusus dengan mengambil objek penelitian pada CV. Wahana Sukses Abadi yang mana berdasarkan metode tersebut digunakan pengumpulan data observasi, wawancara, studi dokumenter, dan studi kepustakaan dengan alat analisis yang digunakan adalah Struktur Organisasi Perusahaan, Flowchart, Internal Control Questioner (ICQ), dan Compliance Test.

Hasil penelitian yang didapat adalah sistem dan prosedur pemberian serta penagihan kredit pada CV. Wahana Sukses Abadi telah efektif yang dilihat dari (Flowchart) prosedur order penjualan, prosedur order persetujuan kredit, prosedur pengiriman barang, prosedur penagihan, prosedur pencatatan piutang dan prosedur distribusi penjualan telah berjalan dengan baik. Dan merujuk pada test ketaatan yang telah dilakukan dan dianalisis, dapat dikatakan bahwa efektif dan tidak terdapat bukti yang cacat. Dari analisis berdasarkan ICQ (Internal Control Questioner) diperoleh hasil bahwa sebesar 74,36 % sistem dan prosedurnya telah berjalan dengan baik dan efektif. Dengan demikian pengendalian intern CV. Wahana Sukses Abadi sudah efektif.

 

Key Word: Sistem Pengendalian Internal, Penjualan Kredit, Piutang, ICQ, Compliance Test


Refbacks

  • There are currently no refbacks.