PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERBASIS STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS TANPA AKUNTABILITAS PUBLIK (SAK ETAP) PADA CV. GHAMA PERSADA

MUHAMMAD GHALY SEPTIAWAN B51111020

Abstract


Standar Akuntansi Keuangan untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) yaitu dimaksudkan untuk digunakan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik. Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik yang dimaksud adalah entitas yang tidak memiliki akuntabilitas publik signifikan dan menerbitkan laporan keuangan untuk tujuan umum (general purpose financial statement) bagi pengguna eksternal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk penerapan SAK ETAP pada laporan keuangan CV. Ghama Persada dengan mengunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian dilakukan dengan studi dokumentasi yaitu mempelajari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan masalah penelitian.

Hasil penelitian memperoleh bahwa penyusunan laporan keuangan berbasis standar akuntansi keuangan entitas tanpa akuntabilitas (SAK ETAP) pada CV. Ghama Persada mengunakan laporan laba rugi dan neraca yang belum sesuai dengan SAK ETAP. Faktor seperti sumber daya manusia dan aplikasi yang mendukung untuk penerapan SAK ETAP menjadi kendala dalam penerapan SAK ETAP.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.