ANALISIS KEMAMPUAN LABA, ARUS KAS OPERASI DAN ARUS KAS BEBAS DALAM MEMPREDIKSI DIVIDEN TUNAI DI MASA MENDATANG PADA PERUSAHAAN WHOLESALE DAN RETAIL TRADE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

HENI WERIANI B41112096 admin

Abstract


Informasi yang terkandung dalam laba, arus kas operasi dan arus kas bebas dapat mengevaluasi kinerja perusahaan dan dapat menilai besarnya dividen yang dibagikan. Berdasarkan penelitian terdahulu, penelitian ini dimaksudkan untuk menguji kembali kemampuan laba, arus kas operasi dan arus kas bebas sebagai prediktor dalam memprediksi dividen tunai di masa mendatang di Bursa Efek Indonesia untuk jangka waktu dua tahun ke depan.

Penelitian dilakukan terhadap perusahaan yang bergerak di bidang wholesale dan retail trade yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif. Perusahaan yang menjadi sampel adalah perusahaan yang menerbitkan laporan keuangan tahunan dan membagikan dividen tunai tiga tahun secara berturut–turut, yaitu tahun 2012-2014. Perusahaan yang menjadi sampel ada 16 perusahaan dengan 32 pengamatan. Teknik analisis data yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah menggunakan analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa laba dan arus kas bebas berpengaruh positif terhadap dividen tunai sedangkan arus kas operasi berpengaruh negatif terhadap dividen tunai di masa mendatang. Secara simultan menunjukkan bahwa laba, arus kas operasi dan arus kas bebas mempunyai kemampuan yang signifikan dalam memprediksi dividen tunai di masa mendatang.

 

KATA KUNCI : Laba, Arus Kas Operasi,  Arus Kas Bebas, Dividen Tunai, dan Prediksi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]