ANALISIS PROSES PENGHAPUSAN BARANG MILIK DAERAH PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASSET DAERAH PROVINSI KALIMANTAN BARAT SELAKU PEMBANTU PENGELOLA BARANG MILIK DAERAH

Utami Dwi Andini utami B41111027

Abstract


UTAMI DWI ANDINI

UNIVERSITAS TANJUNGPURA

Abstrak

Sebagai suatu siklus, kualitas pengelolaan BMD akan bergantung kepada seberapa baik Pemerintah Daerah dalam menjalankan setiap tahapannya, salah satunya dalam hal penghapusan. Penghapusan BMD merupakan salah satu yang mengalami perubahan signifikan pada PP no 277 tahun 2014. Penelitian ini bertujuan menganalisis kesesuaian penerapan proses penghapusan yang dilaksanakan pada Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dari sebelum dan sesudah berlakunya PP no 27 tahun 2014, kesesuaian penerapan PSAP no. 7 tentang Akuntansi Aset Tetap, serta hambatan yang terjadi dalam proses penghapusan pada Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan studi pustaka dan studi lapangan (wawancara dan studi dokumen). Data dianalisis dengan membandingkan data dan informasi yang diperoleh dengan peraturan yang berlaku.

Hasil penelitian menyimpulkan BPKAD kurang dapat beradaptasi secara cepat untuk menyesuaikan proses penghapusannya agar sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Meskipun hal tersebut cukup dapat dimaklumi karena petunjuk pelaksana dari PP tersebut belum ditetapkan oleh Kementerian Dalam Negeri, namun BPKAD harus dapat menyesuaikan perubahan regulasi tersebut sesegera mungkin, demi terwujudnya tertib administrasi pengelolaan BMD.

Kata Kunci : BMD, penghapusan, PP No 27 Tahun 2014, PSAP No 7, BPKAD Provinsi Kalimantan Barat


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]