ANALISIS KUALITAS LAPORAN KEUANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) BERDASARKAN PERSPEKTIF PENGGUNA (USER) LAPORAN KEUANGAN DI KOTA PONTIANAK ANALISIS KUALITAS LAPORAN KEUANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) BERDASARKAN PERSPEKTIF PENGGUNA (U
Abstract
ABSTRAK
Laporan keuangan merupakan sarana yang dapat memberikan informasi keuangan yang disajikan oleh manajmen dari perusahaan kepada pihak internal dan eksternal perusahaan, yang berisikan tentang seluruh kegiatan bisnis dari suatu kesatuan usaha yang merupakan salah satu alat yang digunakan sebagai pertanggungjawaban dan komunikasi manajemen kepada pihak yang membutuhkan laporan keuangan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mempelajari kualitas laporan keuangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berdasarkan perspektif dari pihak internal dan eksternal pengguna (user) laporan keuangaan di Kota Pontianak, serta untuk mengetahui dan mempelajari perbedaan dan persamaan perspektif dari pihak internal dan eksternal pengguna (user) laporan keuangan mengenai kualitas laporan keuangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian ini memperoleh sampel dengan menggunakan sampling purposive. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuesioner yang dibagikan kepada 38 pengguna (user) laporan keuangan di Kota Pontianak, dan data yang diperoleh dari jawaban responden yang tertuang pada kuesioner selanjutnya dilakukan pengujian normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yang sesuai dengan hipotesis yang diajukan. Setelah kedua uji tersebut dilakukan, kemudian dilakukan uji independent sampel t-test untuk mendapatkan hasil pengujian. Dari hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa perspektif pengguna (user) pihak eksternal lebih dapat mempengaruhi tingkat kualitas laporan yang disajikan UMKM dibandingkan perspektif pengguna (user) pihak internal. Ini dilihat dari nilai sig. (2 tailed) pada t test mempunyai nilai 0,273 yang lebih besar dari 0,05, maka Ho diterima.
Kata kunci: ..Perspektif pengguna (user) laporan keuangan pihak internal dan eksternal, kualitas laporan keuangan, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)
ABSTRAK
Laporan keuangan merupakan sarana yang dapat memberikan informasi keuangan yang disajikan oleh manajmen dari perusahaan kepada pihak internal dan eksternal perusahaan, yang berisikan tentang seluruh kegiatan bisnis dari suatu kesatuan usaha yang merupakan salah satu alat yang digunakan sebagai pertanggungjawaban dan komunikasi manajemen kepada pihak yang membutuhkan laporan keuangan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mempelajari kualitas laporan keuangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berdasarkan perspektif dari pihak internal dan eksternal pengguna (user) laporan keuangaan di Kota Pontianak, serta untuk mengetahui dan mempelajari perbedaan dan persamaan perspektif dari pihak internal dan eksternal pengguna (user) laporan keuangan mengenai kualitas laporan keuangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian ini memperoleh sampel dengan menggunakan sampling purposive. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuesioner yang dibagikan kepada 38 pengguna (user) laporan keuangan di Kota Pontianak, dan data yang diperoleh dari jawaban responden yang tertuang pada kuesioner selanjutnya dilakukan pengujian normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yang sesuai dengan hipotesis yang diajukan. Setelah kedua uji tersebut dilakukan, kemudian dilakukan uji independent sampel t-test untuk mendapatkan hasil pengujian. Dari hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa perspektif pengguna (user) pihak eksternal lebih dapat mempengaruhi tingkat kualitas laporan yang disajikan UMKM dibandingkan perspektif pengguna (user) pihak internal. Ini dilihat dari nilai sig. (2 tailed) pada t test mempunyai nilai 0,273 yang lebih besar dari 0,05, maka Ho diterima.
Kata kunci: ..Perspektif pengguna (user) laporan keuangan pihak internal dan eksternal, kualitas laporan keuangan, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)
ABSTRAK
Laporan keuangan merupakan sarana yang dapat memberikan informasi keuangan yang disajikan oleh manajmen dari perusahaan kepada pihak internal dan eksternal perusahaan, yang berisikan tentang seluruh kegiatan bisnis dari suatu kesatuan usaha yang merupakan salah satu alat yang digunakan sebagai pertanggungjawaban dan komunikasi manajemen kepada pihak yang membutuhkan laporan keuangan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mempelajari kualitas laporan keuangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berdasarkan perspektif dari pihak internal dan eksternal pengguna (user) laporan keuangaan di Kota Pontianak, serta untuk mengetahui dan mempelajari perbedaan dan persamaan perspektif dari pihak internal dan eksternal pengguna (user) laporan keuangan mengenai kualitas laporan keuangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian ini memperoleh sampel dengan menggunakan sampling purposive. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuesioner yang dibagikan kepada 38 pengguna (user) laporan keuangan di Kota Pontianak, dan data yang diperoleh dari jawaban responden yang tertuang pada kuesioner selanjutnya dilakukan pengujian normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yang sesuai dengan hipotesis yang diajukan. Setelah kedua uji tersebut dilakukan, kemudian dilakukan uji independent sampel t-test untuk mendapatkan hasil pengujian. Dari hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa perspektif pengguna (user) pihak eksternal lebih dapat mempengaruhi tingkat kualitas laporan yang disajikan UMKM dibandingkan perspektif pengguna (user) pihak internal. Ini dilihat dari nilai sig. (2 tailed) pada t test mempunyai nilai 0,273 yang lebih besar dari 0,05, maka Ho diterima.
Kata kunci: ..Perspektif pengguna (user) laporan keuangan pihak internal dan eksternal, kualitas laporan keuangan, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)
ABSTRAK
Laporan keuangan merupakan sarana yang dapat memberikan informasi keuangan yang disajikan oleh manajmen dari perusahaan kepada pihak internal dan eksternal perusahaan, yang berisikan tentang seluruh kegiatan bisnis dari suatu kesatuan usaha yang merupakan salah satu alat yang digunakan sebagai pertanggungjawaban dan komunikasi manajemen kepada pihak yang membutuhkan laporan keuangan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mempelajari kualitas laporan keuangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berdasarkan perspektif dari pihak internal dan eksternal pengguna (user) laporan keuangaan di Kota Pontianak, serta untuk mengetahui dan mempelajari perbedaan dan persamaan perspektif dari pihak internal dan eksternal pengguna (user) laporan keuangan mengenai kualitas laporan keuangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian ini memperoleh sampel dengan menggunakan sampling purposive. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuesioner yang dibagikan kepada 38 pengguna (user) laporan keuangan di Kota Pontianak, dan data yang diperoleh dari jawaban responden yang tertuang pada kuesioner selanjutnya dilakukan pengujian normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yang sesuai dengan hipotesis yang diajukan. Setelah kedua uji tersebut dilakukan, kemudian dilakukan uji independent sampel t-test untuk mendapatkan hasil pengujian. Dari hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa perspektif pengguna (user) pihak eksternal lebih dapat mempengaruhi tingkat kualitas laporan yang disajikan UMKM dibandingkan perspektif pengguna (user) pihak internal. Ini dilihat dari nilai sig. (2 tailed) pada t test mempunyai nilai 0,273 yang lebih besar dari 0,05, maka Ho diterima.
Kata kunci: ..Perspektif pengguna (user) laporan keuangan pihak internal dan eksternal, kualitas laporan keuangan, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)
ABSTRAK
Laporan keuangan merupakan sarana yang dapat memberikan informasi keuangan yang disajikan oleh manajmen dari perusahaan kepada pihak internal dan eksternal perusahaan, yang berisikan tentang seluruh kegiatan bisnis dari suatu kesatuan usaha yang merupakan salah satu alat yang digunakan sebagai pertanggungjawaban dan komunikasi manajemen kepada pihak yang membutuhkan laporan keuangan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mempelajari kualitas laporan keuangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berdasarkan perspektif dari pihak internal dan eksternal pengguna (user) laporan keuangaan di Kota Pontianak, serta untuk mengetahui dan mempelajari perbedaan dan persamaan perspektif dari pihak internal dan eksternal pengguna (user) laporan keuangan mengenai kualitas laporan keuangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian ini memperoleh sampel dengan menggunakan sampling purposive. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuesioner yang dibagikan kepada 38 pengguna (user) laporan keuangan di Kota Pontianak, dan data yang diperoleh dari jawaban responden yang tertuang pada kuesioner selanjutnya dilakukan pengujian normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yang sesuai dengan hipotesis yang diajukan. Setelah kedua uji tersebut dilakukan, kemudian dilakukan uji independent sampel t-test untuk mendapatkan hasil pengujian. Dari hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa perspektif pengguna (user) pihak eksternal lebih dapat mempengaruhi tingkat kualitas laporan yang disajikan UMKM dibandingkan perspektif pengguna (user) pihak internal. Ini dilihat dari nilai sig. (2 tailed) pada t test mempunyai nilai 0,273 yang lebih besar dari 0,05, maka Ho diterima.
Kata kunci: ..Perspektif pengguna (user) laporan keuangan pihak internal dan eksternal, kualitas laporan keuangan, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)
ABSTRAK
Laporan keuangan merupakan sarana yang dapat memberikan informasi keuangan yang disajikan oleh manajmen dari perusahaan kepada pihak internal dan eksternal perusahaan, yang berisikan tentang seluruh kegiatan bisnis dari suatu kesatuan usaha yang merupakan salah satu alat yang digunakan sebagai pertanggungjawaban dan komunikasi manajemen kepada pihak yang membutuhkan laporan keuangan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mempelajari kualitas laporan keuangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berdasarkan perspektif dari pihak internal dan eksternal pengguna (user) laporan keuangaan di Kota Pontianak, serta untuk mengetahui dan mempelajari perbedaan dan persamaan perspektif dari pihak internal dan eksternal pengguna (user) laporan keuangan mengenai kualitas laporan keuangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian ini memperoleh sampel dengan menggunakan sampling purposive. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuesioner yang dibagikan kepada 38 pengguna (user) laporan keuangan di Kota Pontianak, dan data yang diperoleh dari jawaban responden yang tertuang pada kuesioner selanjutnya dilakukan pengujian normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yang sesuai dengan hipotesis yang diajukan. Setelah kedua uji tersebut dilakukan, kemudian dilakukan uji independent sampel t-test untuk mendapatkan hasil pengujian. Dari hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa perspektif pengguna (user) pihak eksternal lebih dapat mempengaruhi tingkat kualitas laporan yang disajikan UMKM dibandingkan perspektif pengguna (user) pihak internal. Ini dilihat dari nilai sig. (2 tailed) pada t test mempunyai nilai 0,273 yang lebih besar dari 0,05, maka Ho diterima.
Kata kunci: ..Perspektif pengguna (user) laporan keuangan pihak internal dan eksternal, kualitas laporan keuangan, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)
ABSTRAK
Laporan keuangan merupakan sarana yang dapat memberikan informasi keuangan yang disajikan oleh manajmen dari perusahaan kepada pihak internal dan eksternal perusahaan, yang berisikan tentang seluruh kegiatan bisnis dari suatu kesatuan usaha yang merupakan salah satu alat yang digunakan sebagai pertanggungjawaban dan komunikasi manajemen kepada pihak yang membutuhkan laporan keuangan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mempelajari kualitas laporan keuangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berdasarkan perspektif dari pihak internal dan eksternal pengguna (user) laporan keuangaan di Kota Pontianak, serta untuk mengetahui dan mempelajari perbedaan dan persamaan perspektif dari pihak internal dan eksternal pengguna (user) laporan keuangan mengenai kualitas laporan keuangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian ini memperoleh sampel dengan menggunakan sampling purposive. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuesioner yang dibagikan kepada 38 pengguna (user) laporan keuangan di Kota Pontianak, dan data yang diperoleh dari jawaban responden yang tertuang pada kuesioner selanjutnya dilakukan pengujian normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yang sesuai dengan hipotesis yang diajukan. Setelah kedua uji tersebut dilakukan, kemudian dilakukan uji independent sampel t-test untuk mendapatkan hasil pengujian. Dari hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa perspektif pengguna (user) pihak eksternal lebih dapat mempengaruhi tingkat kualitas laporan yang disajikan UMKM dibandingkan perspektif pengguna (user) pihak internal. Ini dilihat dari nilai sig. (2 tailed) pada t test mempunyai nilai 0,273 yang lebih besar dari 0,05, maka Ho diterima.
Kata kunci: ..Perspektif pengguna (user) laporan keuangan pihak internal dan eksternal, kualitas laporan keuangan, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)
ABSTRAK
Laporan keuangan merupakan sarana yang dapat memberikan informasi keuangan yang disajikan oleh manajmen dari perusahaan kepada pihak internal dan eksternal perusahaan, yang berisikan tentang seluruh kegiatan bisnis dari suatu kesatuan usaha yang merupakan salah satu alat yang digunakan sebagai pertanggungjawaban dan komunikasi manajemen kepada pihak yang membutuhkan laporan keuangan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mempelajari kualitas laporan keuangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berdasarkan perspektif dari pihak internal dan eksternal pengguna (user) laporan keuangaan di Kota Pontianak, serta untuk mengetahui dan mempelajari perbedaan dan persamaan perspektif dari pihak internal dan eksternal pengguna (user) laporan keuangan mengenai kualitas laporan keuangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian ini memperoleh sampel dengan menggunakan sampling purposive. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuesioner yang dibagikan kepada 38 pengguna (user) laporan keuangan di Kota Pontianak, dan data yang diperoleh dari jawaban responden yang tertuang pada kuesioner selanjutnya dilakukan pengujian normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yang sesuai dengan hipotesis yang diajukan. Setelah kedua uji tersebut dilakukan, kemudian dilakukan uji independent sampel t-test untuk mendapatkan hasil pengujian. Dari hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa perspektif pengguna (user) pihak eksternal lebih dapat mempengaruhi tingkat kualitas laporan yang disajikan UMKM dibandingkan perspektif pengguna (user) pihak internal. Ini dilihat dari nilai sig. (2 tailed) pada t test mempunyai nilai 0,273 yang lebih besar dari 0,05, maka Ho diterima.
Kata kunci: ..Perspektif pengguna (user) laporan keuangan pihak internal dan eksternal, kualitas laporan keuangan, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)
ABSTRAK
Laporan keuangan merupakan sarana yang dapat memberikan informasi keuangan yang disajikan oleh manajmen dari perusahaan kepada pihak internal dan eksternal perusahaan, yang berisikan tentang seluruh kegiatan bisnis dari suatu kesatuan usaha yang merupakan salah satu alat yang digunakan sebagai pertanggungjawaban dan komunikasi manajemen kepada pihak yang membutuhkan laporan keuangan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mempelajari kualitas laporan keuangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berdasarkan perspektif dari pihak internal dan eksternal pengguna (user) laporan keuangaan di Kota Pontianak, serta untuk mengetahui dan mempelajari perbedaan dan persamaan perspektif dari pihak internal dan eksternal pengguna (user) laporan keuangan mengenai kualitas laporan keuangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian ini memperoleh sampel dengan menggunakan sampling purposive. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuesioner yang dibagikan kepada 38 pengguna (user) laporan keuangan di Kota Pontianak, dan data yang diperoleh dari jawaban responden yang tertuang pada kuesioner selanjutnya dilakukan pengujian normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yang sesuai dengan hipotesis yang diajukan. Setelah kedua uji tersebut dilakukan, kemudian dilakukan uji independent sampel t-test untuk mendapatkan hasil pengujian. Dari hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa perspektif pengguna (user) pihak eksternal lebih dapat mempengaruhi tingkat kualitas laporan yang disajikan UMKM dibandingkan perspektif pengguna (user) pihak internal. Ini dilihat dari nilai sig. (2 tailed) pada t test mempunyai nilai 0,273 yang lebih besar dari 0,05, maka Ho diterima.
Kata kunci: ..Perspektif pengguna (user) laporan keuangan pihak internal dan eksternal, kualitas laporan keuangan, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)
ABSTRAK
Laporan keuangan merupakan sarana yang dapat memberikan informasi keuangan yang disajikan oleh manajmen dari perusahaan kepada pihak internal dan eksternal perusahaan, yang berisikan tentang seluruh kegiatan bisnis dari suatu kesatuan usaha yang merupakan salah satu alat yang digunakan sebagai pertanggungjawaban dan komunikasi manajemen kepada pihak yang membutuhkan laporan keuangan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mempelajari kualitas laporan keuangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berdasarkan perspektif dari pihak internal dan eksternal pengguna (user) laporan keuangaan di Kota Pontianak, serta untuk mengetahui dan mempelajari perbedaan dan persamaan perspektif dari pihak internal dan eksternal pengguna (user) laporan keuangan mengenai kualitas laporan keuangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian ini memperoleh sampel dengan menggunakan sampling purposive. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuesioner yang dibagikan kepada 38 pengguna (user) laporan keuangan di Kota Pontianak, dan data yang diperoleh dari jawaban responden yang tertuang pada kuesioner selanjutnya dilakukan pengujian normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yang sesuai dengan hipotesis yang diajukan. Setelah kedua uji tersebut dilakukan, kemudian dilakukan uji independent sampel t-test untuk mendapatkan hasil pengujian. Dari hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa perspektif pengguna (user) pihak eksternal lebih dapat mempengaruhi tingkat kualitas laporan yang disajikan UMKM dibandingkan perspektif pengguna (user) pihak internal. Ini dilihat dari nilai sig. (2 tailed) pada t test mempunyai nilai 0,273 yang lebih besar dari 0,05, maka Ho diterima.
Kata kunci: ..Perspektif pengguna (user) laporan keuangan pihak internal dan eksternal, kualitas laporan keuangan, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)
Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura
Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)
Phone : (0561) 785342, 583865
Email : kiafe@untan.ac.id