ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBUATAN E-KTP DI KOTA PONTIANAK

Angga Dwi Prasetya B41108029

Abstract


Telah dilakukan penelitian mengenai system implementasi e-KTP di kecamatan kota Pontianak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif system atau kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah dalam melaksanakan pembuatan e-KTP di kota Pontianak, serta menjelaskan kendala-kendala yang terjadi dalam pelaksanaannya.

Pengambilan data dilakukan pada tanggal 17 Juni 2012 di kantor Kecamatan kota Pontianak serta di kantor Catatan Sipil Kota Pontianak. Penelitian ini mengambil data hasil pelayanan e-KTP yang sudah terlaksana, selain itu analisis data juga menggunakan alat analisis seperti Fishbone (diagram Ikan), Flowchart dan Kuesioner. Data tersebut kemudian di identifikasi dan dianalisis sehingga dapatlah kendala-kendala dari hasil analisis tersebut dan akan di jelaskan.

Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan adanya kendala-kendala yang datang dari dalam yaitu jumlah mesin yang tidak sebanding dengan jumlah masyarakat menjadi kendala utama yang membuat pelaksanaan e-KTP di Pontianak kurang efektif. Jumlah masyarakat kota Pontianak sebanyak 455.109 orang sedangkan mesin yang disediakan sebanyak 15 unit, dalam 1 hari sebanyak 2100 orang yang terekam membuat e-KTP dengan waktu 7 jam kerja per hari, diperkirakan waktu yang dibutuhkan pihak kecamatan untuk merekam semua masyarakat yaitu selama 214 hari (8 bulan), sedangkan waktu yang ditargetkan oleh pemerintah yaitu hanya selama 5 bulan (28 Okt 31 Maret) menyebebkan adanya perpanjangan waktu pembuatan e-KTP, selain itu kurangnya persiapan dan infrastruktur yang disediakan oleh pemerintah. Kendala dari luar yakni kurang taatnya masyarakat dalam melaksanakan pembuatan e-KTP yang tidak tepat waktu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]