ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR PENYALURAN ZAKAT PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT TABUNGAN PEDULI UMAT ( LAZ TPU) AL MUMTAZ PROVINSI KALIMANTAN BARAT

ADITYA NUGROHO B41106079

Abstract


Skripsi ini berjudul Analisis Sistem dan Prosedur Penyaluran Zakat, Infaq, Dan Shodaqoh Pada Lembaga Amil Zakat Tabungan Peduli Umat (LAZ TPU) Al Mumtaz Provinsi Kalimantan Barat , Penyaluran Zakat Infaq dan Shodaqoh merupakan salah satu fungsi dan indikator utama dari sebuah lembaga amil zakat (Organisasi Pengelola Zakat), baik sebagai sebuah lembaga atau organisasi maupun sebagai alat untuk meningkatkan kepercayaan kepada masyarakat.

Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana sistem dan prosedur penyaluran zakat, infaq dan Shodaqoh yang diterapkan oleh LAZ TPU Al Mumtaz Provinsi Kalimantan Barat. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa sistem dan prosedur penyaluran zakat yang dilakukan oleh lembaga amil zakat LAZ TPU Al Mumtaz. Juga dimaksudkan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan penyaluran zakat, infaq dan shodaqoh.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi langsung, studi dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah wawancara, struktur organisasi dan kuesioner.

Dari hasil analisis terlihat bahwa secara konsep sistem dan prosedur penyaluran zakat sebagai wujud dari pengendalian internal pada LAZ TPU Al-Mumtaz Provinsi Kalimantan Barat masih mengandung kelemahan secara konsep maupun tatanan praktis, namun ada intensi yang baik untuk menciptakan sistem dan prosedur penyaluran zakat yang baik, hal ini dapat terlihat dari organisasi yang telah mempunyai 3 fungsi utama dan telah dibuat terpisah dalam OPZ yaitu adanya fungsi penerimaan zakat, fungsi pembukuan dan fungsi penyaluran zakat.

Proses penyaluran zakat dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga zakat yang dapat berdampak pada tingkat pengumpulan zakat yang akan diperoleh, dengan demikian perbaikan proses penyaluran zakat merupakan sebuah kewajiban karena merupakan salah satu indikator utama baik atau tidaknya kinerja sebuah Organisasi Pengelola Zakat. Kata Kunci:Sistem dan Prosedur, Penyaluran Zakat.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]