PENGARUH EFEKTIVITAS PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi pada Pemerintah Kabupaten Sambas)

Yutika B41111087

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efektivitas penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan terhadap kualitas laporan keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas.

Penelitian ini dilakukan pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Sambas. Dalam penelitian ini, sampel yang diambil adalah 30 responden dari 41 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang terdiri dari tim penyusun laporan keuangan yang terlibat dalam penyusunan laporan keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui observasi langsung dan survei yang diperoleh dengan cara pembagian kuesioner kepada para responden. Sedangkan data sekunder menggunakan metode studi kepustakaan yang diperoleh dari buku-buku serta situs web yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Data yang berhasil dikumpulkan diolah menggunakan Statistical Package for the Social Science (SPSS) 21.00.

Hasil penelitian melalui pengujian regresi secara parsial dengan uji t, menunjukankan bahwa efektivitas penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.

Kata Kunci: Efektivitas, Standar Akuntansi Pemerintahan, Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.