ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA KOPERASI CREDIT UNION CU LANTANG TIPO TP JERUJU DI KOTA PONTIANAK

Yunus B51110011

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan pada Koperasi CU Lantang Tipo TP Jeruju di kota Pontianak berdasarkan analisis rasio keuangan dan untuk menunjukkan tren pada laporan posisi keuangan berdasarkan metode analisa vertikal dan horizontal. Penelitian ini dilakukan sebagai acuan informasi serta dasar untuk pengambilan keputusan bagi pihak pengelola dan pengurus koperasi dalam menilai kinerja keuangan pada koperasi yang dikelolanya. Standar yang digunakan dalam pengukuran kinerja adalah sesuai dengan KepMen Koperasi No. 96/Kep/M.KUKM/IX/2004 tentang Pedoman Standar Operasional Manajemen Koperasi.

Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif persentase, yaitu dengan cara menjelaskan data-data yang telah ada kemudian diolah dan menghasilkan data dalam bentuk persentase. Analisa yang digunakan untuk menunjukkan tren pada laporan posisi keuangan koperasi adalah dengan menggunakan teknik analisa vertikal dan horizontal, serta analisis rasio-rasio keuangan yang ditinjau dari analisis rasio likuiditas, solvabilitas dan rentabilitas untuk mengetahui kinerja keuangan koperasi.

Hasil penelitian yang dianalisa dengan metode vertikal dan horizontal menunjukkan tren yang baik maupun tren kurang baik yang ditunjukkan pada laporan posisi keuangan koperasi setiap tahunnya, serta dalam analisis rasio keuangan dimana secara keseluruhan rasio-rasio yang dianalisis menunjukkan angka rasio yang baik, yaitu pada analisis rasio rentabilitas yang menunjukkan koperasi cukup baik dalam menghasilkan sisa hasil usaha. Pada analisis rasio solvabilitas menghasilkan angka yang kurang baik sehingga belum mampu memenuhi kewajiban hutangnya, serta analisis rasio likuiditas menunjukkan angka rasio yang baik pada rasio lancar dan rasio kas menunjukkan hasil rasio yang masih dibawah standar.

 

Kata Kunci: Kinerja Keuangan, Analisis Vertikal dan Horizontal, Analisis Rasio

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.