PENERAPAN SAK ETAP DALAM LAPORAN KEUANGAN DAN DESAIN SISTEM INFORMASI PENJUALAN TUNAI SERTA KREDIT PADA CV. HASIL PANGLIMA DI KECAMATAN SUNGAI AMBAWANG

Vanesa Yova Kencana B51110012

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui (1) Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) pada CV. Hasil Panglima Pontianak, (2) mengetahui faktor-faktor kendala yang dihadapi dalam penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) pada CV. Hasil Panglima Pontianak, (3) mengetahui desain atau perancangan sistem informasi penjualan tunai serta kredit pada CV. Hasil Panglima Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode wawancara, observasi dan penelitian kepustakaan.

 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) ternyata belum diterapkan, (2) CV. Hasil Panglima tidak menyusun laporan keuangan hanya memiliki laporan penerimaan dan pengeluaran kas, (3) kendala yang dihadapi oleh CV. Hasil Panglima dalam menyusun laporan keuangan yaitu kurangnya sumber daya manusia dalam menyusun laporan keuangan, (4) diharapkan CV. Hasil Panglima mendesain sistem informasi penjualan untuk membantu mengelola sistem penjualan yang lebih baik.

 

Kata kunci: SAK ETAP, Laporan Keuangan, Sistem Informasi Akuntansi, Penjualan Tunai, Penjualan Kredit.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.