ANALISIS ATAS MATURITAS PENYELENGGARAAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH PADA PERWAKILAN BPKP PROVINSI KALIMANTAN BARAT

Taufik Irawan B1035131015

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai maturitas penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah pada Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat. Adapun tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengukur tingkat maturitas/kematangan dan mengetahui faktor-faktor penghambat atas keberhasilan penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah pada Perwakilan BPKP Kalimantan Barat.

 

Metode penelitian yang digunakan adalah metode desktiptif kualitatif yang dilakukan dengan pengisian kuesioner terhadap para pejabat struktural di lingkungan Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat atas 25 fokus penilaian maturitas.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat maturitas penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah pada Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat ada pada level “berkembang” atau tingkat 3 (tiga) dari 6 (enam) tingkat maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah dengan nilai sebesar “2,96”. Selain itu, ditemukan juga faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah ini, terutama mengenai komitmen dan pemahaman terhadap Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 yang masih kurang.

 

Kata kunci: deskriptif kualitatif, maturitas, sistem pengendalian intern pemerintah.

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.