EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN PADA PT ASTRA INTERNASIONAL TBK. HONDA – CAB. A.YANI

SUCI DWITAMI ANDIANI B41111023

Abstract


Kegiatan penjualan merupakan suatu bagian yang penting dalam perusahaan karena dapat secara langsung mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan adanya pengendalian internal penjualan yang memadai. Dalam transaksi penjualan sepeda motor di PT.Astra Internasional Tbk.Honda-Cab.A.Yani terdapat beberapa tipe penjualan sepeda motor yaitu penjualan secara tunai dan kredit via badan  leasing. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem pengendalian internal yang diterapkan perusahaan untuk mendukung terlaksananya sistem penjualan sepeda motor secara efektif pada PT Astra Internasional Tbk. Honda-Cab.A.Yani. Data dikumpulkan dengan metode penelitian wawancara, dokumentasi, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa prosedur pengendalian internal penjualan pada PT Astra Internasional Tbk. Honda-Cab.A.Yani dengan menggunakan empat alat analisis maka dapat disimpulkan bahwa hasilnya cukup efektif, karena masih terdapat kelemahan-kelemahan yaitu kekosongan posisi kasir dan unit  warehouse crew, ketidaklengkapan data konsumen, dan billing  manual. Hal tersebut tentunya akan berdampak pada ketidaktercapainya tujuan sistem pengendalian internal yang diinginkan.

Kata kunci: Efektivitas, Sistem Pengendalian Internal, Penjualan, Pengendalian Internal Penjualan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.