PENGARUH PERPUTARAN MODAL KERJA (WORKING CAPITAL TURNOVER) TERHADAP PROFITABILITAS (NET PROFIT MARGIN) PADA PERUSAHAAN INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BEI (BURSA EFEK INDONESIA)

Noviani Ulfa B41111116

Abstract


Perusahaan dalam upayanya untuk bersaing dan bertahan hidup harus menjalankan fungsi-fungsi manajemen dengan baik sehingga tujuan untuk memperoleh laba maksimal dapat tercapai. Perusahaan melakukan aktivitas dengan memaksimalkan penggunaan modal kerja yang tersedia. Modal kerja berperan dalam menopang operasi atau kegiatan perusahaan karena tanpa modal kerja maka kegiatan operasional perusahaan tidak dapat berjalan lancar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perputaran modal kerja terhadap Net Profit Margin.

Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan jenis Industri barang Konsumsi yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) periode 2011-2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik  menggunakan aplikasi SPSS 21, dengan pengujian analisis regresi linier sederhana untuk melihat hubungan antara variabel Independen dan variabel dependen serta pengujian hipotesis menggunakan uji parsial (t test), untuk melihat pengaruh variabel independen  terhadap variabel dependen.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel perputaran modal kerja berpengaruh positif tidak signifikan terhadap profitabilitas (Net Profit Margin). Hasil koefisisen determinasi menunjukkan persentase sebesar 2% yang berarti 98% variabel Profitabilitas (Net Profit Margin) dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.

 

Kata Kunci : Perputaran Modal Kerja (Working Capital Turnover) dan Profitabilitas (Net Profit Margin)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.