ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PENGELOLAAN ASET TETAP PADA KANTOR CAMAT PONTIANAK BARAT

Nina Mariana B51108125

Abstract


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan sistem pengendalian internal pengelolaan aset tetap pada Kantor Camat Pontianak Barat Kota Pontianak serta untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mengakibatkan sistem pengendalian internal pengelolaan aset tetap pada Kantor Camat Pontianak Barat Kota Pontianak menjadi tidak efektif.

Adapun metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan objek penelitian Kantor Camat Pontianak Barat Kota Pontianak. Data yang digunakan adalah data laporan kuasa pengguna barang tahun 2013-2014 serta data lain yang diperlukan. Teknik pengumpulan data yaitu Studi dokumentasi, pengamatan (observasi), dan wawancara. Alat analisis data yang digunakan yaitu Struktur Organisasi, Flowchart, Internal Control Questionairre (ICQ), dan ComplianceTest.

Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem pengendalian internal pengelolaan aset tetap pada Kantor Camat Pontianak Barat Kota Pontianak tidak efektif. Analisis dilakukan terhadap Struktur organisasi Kantor Camat Pontianak Barat Kota Pontianak, Flowchart pengelolaan aset tetap pada Kantor Camat Pontianak Barat Kota Pontianak, Internal Control Questionairre (ICQ) yang diberikan kepada pihak-pihak yang terlibat dalam pengelolaan aset tetap, serta Compliance Test (Uji Ketaatan) terhadap dokumen pengadaan barang dan waktu pencatatan.  Namun demikian terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan sistem pengendalian internal pengelolaan aset tetap pada Kantor Camat Pontianak Barat tidak efektif yaitu kurangnya pemahaman para pejabat yang terlibat dalam pengelolaan aset tetap, jumlah personil yang terbatas menyebabkan Pengurus Barang merangkap jabatan, kurangnya pengawasan dari Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) terhadap penatausahaan aset tetap serta monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh Bidang Aset BPKAD hanya sebatas pada laporan barang saja.

Kata Kunci: Sistem Pengendalian Intenal, Aset Tetap


Refbacks

  • There are currently no refbacks.