ANALISIS KEMAMPUAN LABA DAN ARUS KAS DALAM MEMPREDIKSI ARUS KAS DI MASA DEPAN (PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA)

Laila Zulviana B51111114

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris tentang Analisis Kemampuan Laba dan Arus Kas dalam Memprediksi Arus Kas Masa Depan. Berdasarkan penelitian terdahulu, penelitian ini dimaksudkan untuk menguji kembali kemampuan laba dan arus kas sebagai prediktor dalam meramalkan arus kas masa depan di pasar modal untuk jangka waktu satu tahun ke depan.

Sampel penelitian ini adalah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2009-2013.  Data yang dikumpulkan menggunakan metode purposive sampling. Total 50 perusahaan ditentukan sebagai sampel. Analisis data yang dilakukan menggunakan aplikasi SPSS 21, dengan pengujian analisis regresi linear berganda untuk melihat hubungan antara variabel-variabel independen dengan variabel dependen, serta pengujian hipotesis sendiri menggunakan pengujian Parsial (t test) untuk melihat pengaruh variabel-variabel independen secara individual terhadap variabel dependen, pengujian Simultan (F test) untuk melihat pengaruh variabel-variabel independen secara bersama-sama terhadap variabel dependen, dan pengujian koefisien determinasi untuk melihat seberapa besar variabel-variabel independen mempengaruhi variabel dependen.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa Laba bersih mempunyai pengaruh  signifikan terhadap arus kas masa depan, arus kas operasi mempunyai tidak berpengaruh signifikan terhadap arus kas masa depan, dan laba bersih memiliki pengaruh signifikan lebih baik terhadap arus kas masa depan dibanding arus kas operasi.

 

Kata Kunci: Arus Kas Operasi, Laba bersih, arus kas masa depan, Prediksi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.