ANALISIS BIAYA-VOLUME-LABA SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA JANGKA PENDEK PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA PANCUR AJI KABUPATEN SANGGAU

Fuadin Abid B1035131017

Abstract


PDAM Tirta Pancur Aji Kabupaten Sanggau dari tahun 2011 hingga tahun 2013 mengalami penurunan jumlah volume penjualan yang diikuti dengan peningkatan biaya operasional yang mengakibatkan perusahaan terus mengalami kerugian pada kurun waktu tiga tahun tersebut. Oleh karena itu permasalahan utama dalam penelitian ini adalah berapa besar peningkatan volume penjualan yang diperlukan serta tarif air yang ideal agar perusahaan dapat mencapai Break Even Point (BEP) dengan menganalisis biaya, volume, dan laba pada PDAM Tirta Pancur Aji Kabupaten Sanggau.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume penjualan yang diperlukan untuk mencapai BEP sebesar 2.605.219,96 M3 dan dengan proyeksi peningkatan volume penjualan sebesar 35.280 M3 per tahun, perusahaan memerlukan waktu 18,5 tahun untuk mencapai BEP. Sedangkan tarif rata-rata yang ideal untuk mencapai BEP sebesar Rp5.100,00/M3 dan dengan proyeksi kenaikan tarif rata-rata sebesar 8,96% per tahun, perusahaan memerlukan waktu kurang lebih 3 tahun untuk mencapai BEP. Berdasarkan perhitungan perencanaan laba, dengan proyeksi kenaikan volume penjualan serta proyeksi kenaikan tarif, dipastikan PDAM Kabupaten Sanggau akan tetap mengalami kerugian pada tahun 2015..


Refbacks

  • There are currently no refbacks.