PENENTUAN HARGA POKOK PENJUALAN JASA PERAWATAN BERKALA PADA BENGKEL TANJUNGSARI MOTOR

Anton B51111046

Abstract


Harga pokok penjualan atau HPP adalah istilah yang digunakan pada akuntansi keuangan dan pajak untuk menggambarkan biaya langsung yang timbul dari barang yang diproduksi dan dijual dalam kegiatan bisnis. Ini termasuk biaya produksi yaitu bahan baku, tenaga kerja langsung, overhead dan tidak termasuk periode biaya operasi seperti penjualan, iklan atau riset dan pengembangan. HPP muncul pada laporan laba rugi sebagai komponen utama dari biaya operasi. HPP juga disebut sebagai biaya penjualan. HPP membantu perusahaan untuk menentukan harga jual dan untuk mengetahui laba yang diinginkan perusahaan.

Dalam skripsi ini akan dibahas bagaimana menentukan harga pokok penjualan pada Bengkel Tanjungsari Motor. Jenis penelitian ini adalah studi kasus yaitu suatu metode penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan, menyajikan, dan menganalisa data sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas atas obyek yang diteliti.

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat ditarik kesimpulan bahwa penentuan harga pokok penjualan Bengkel Tanjungsari Motor belum melakukan perhitungan terhadap harga pokok penjualan sesuai dengan aturan akuntansi yang ada. Dalam perhitungan penentuan harga pokok penjualan didapati bahwa harga jual yang diterapkan oleh Bengkel Tanjungsari Motor lebih tinggi daripada menggunakan metode akuntansi.

 

Kata kunci: Biaya Produksi, Harga Pokok Penjualan, Harga Jual


Refbacks

  • There are currently no refbacks.