PENGARUH RETURN ON ASSET (ROA) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

JENNIFER SHINTA ULI SIREGAR B41111115

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return on Asset (ROA) terhadap nilai perusahaan yang menggunakan Tobin’s Q dan pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai variabel moderasi terhadap hubungan antara Return on Asset (ROA) dengan nilai perusahaan.

Sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2011-2013 yang ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 17 perusahaan yang digunakan sebagai sampel dengan jumlah observasi sebanyak 148 perusahaan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda dengan Uji Moderated Regression Analysis (MRA).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Return on Asset (ROA) mempunyai pengaruh positif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai variabel moderasi mempunyai pengaruh positif tidak signifikan yang berarti bahwa variabel Corporate Social Responsibility (CSR) tidak mampu memoderasi hubungan antara Return on Asset (ROA) dengan nilai perusahaan.

Kata Kunci: Return on Asset, Nilai Perusahaan, Corporate Social Responsibility.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.