ANALISIS REALISASI PENGGUNAAN ANGGARAN ATAS PENYALURAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH PADA SMP NEGERI 14 PONTIANAK TIMUR

TUTI MARDIANI B51111063

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan tingkat efektifitas pengelolaan dana BOS atas penggunaan anggaran dalam penyaluran dana BOS pada SMP Negeri 14 Pontianak.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data primer, yaitu melalui penyebaran kuesioner kepada objek penelitian yang terdiri dari Kepala Sekolah, Komite Sekolah, Bendahara Sekolah, Guru dan Tenaga Kependidikan serta Siswa-Siswi. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, kuesioner, dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis Internal Control Questionnaire(ICQ), analisis Flowchart, dan uji kepatuhan (Compliance Test).

Hasil penelitian menunjukkan tingkat keefektifan penggunaan dana BOS sudah berjalan baik pada tingkat kepatuhan 84%, tetapi masih ada kendala yang dihadapi oleh sekolah misalnya masih ada beberapa masyarakat di lingkungan sekolah yang belum mengetahui komponen apa saja dapat digunakan melalui anggaran dana  BOS.

Kata Kunci: Pengelolaan dana BOS, Penyaluran ,Penggunaan dana BOS


Refbacks

  • There are currently no refbacks.