ANALISIS AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA PADA PT.XYZ

Eka Syafitri B51111077

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan akuntansi pertanggungjawaban terhadap efisiensi dan efektifitas pengendalian biaya pada PT.XYZ. Rencana pendapatan dan beban dalam akuntansi pertanggungjawaban  akan sangat dibutuhkan untuk sebagai alat bantu yang berguna bagi perusahaan tersebut dalam rangka menilai terwujud atau tidaknya prestasi kerja berdasarkan pendapatan dan beban yang telah diterapkan. penelitian dalam penulisan ini berjudul Akuntansi Pertanggungjawaban Sebagai Alat Pengendalian Biaya pada PT.XYZ.

Tujuan  pada  penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui pusat pertanggungjawaban pendapatan dan beban yang ada pada PT.XYZ apakah telah diterapkan secara efektif dan efisien; 2. Memberikan penjelasan tentang pelaksanaan akuntansi pertanggungjawaban pada PT.XYZ; 3. Untuk mengetahui mekanisme penyusunan anggaran agar dapat mendukung kinerja pada PT.XYZ.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini juga menggunakan studi pustaka dan wawancara dengan staf bagian keuangan pada PT.XYZ. Metode analisis dari penelitian ini adalah dengan membandingkan penerapan akuntansi pertanggungjawaban dan pengendalian biaya yang diperoleh dari studi kasus.

Dari hasil penelitian pada PT.XYZ,perusahaan tersebut belum menerapkan akuntansi pertanggungjawaban dengan cukup baik, hal ini dapat diketahui dengan adanya beberapa syarat-syarat dan karakteristik yang belum dipenuhi. Perusahaan juga belum menjalankan pengendalian biaya dengan baik, hal ini dapat dilihat dari adanya analisis terhadap penyimpangan biaya yang belum dilakukan.

 

Kata Kunci : Akuntansi Pertanggungjawaban, Pusat-Pusat Pertanggungjawaban,

Anggaran dan Pengendalian Biaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.