ANALISIS SISTEM PENGANGGARAN PADA CREDIT UNION (CU) “KHATULISTIWA BAKTI” PONTIANAK

DESI ASTRI B51111157

Abstract


Credit Union merupakan lembaga keuangan yang bersifat sosial, yang bertujuan untuk mensejahterakan anggotanya. Dalam penyusunan anggaran Credit Union memiliki sistem dan prosedur yang di gunakan sebagai patokan dalam pembuatan anggaran. Sistem dan prosedur tersebut dibuat sebaik-baiknya agar dapat digunakan dan anggaran dapat terealisasi dengan baik agar tidak terjadi selisih dalam penyusunan anggaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana sistem penganggaran pada Credit Union; (2) untuk  mengetahui apakah pengendalian internal kontrol telah efektif; (3) untuk mengetahui faktor-faktor penyebab selisih anggaran.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Untuk menganalisa permasalahan yang diangkat berdasarkan data-data dan informasi yang di dapat, penulis menggunakan alat analisis struktur organisasi, flowchart, dan kuesioner untuk mengetahui sistem penganggaran pada Credit Union “Khatulistiwa Bakti” Pontianak.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa sistem penganggaran yang telah dilaksanakan di Credit Union berdasarkan  struktur organisasi, flowchart dan bagan alur yaitu bagian yang terlibat telah melaksanakan tanggung jawab dan wewenang dengan baik, tetapi dalam penyusunan anggaran Credit Union tidak memiliki flowchart yang menggambarkan sistem penganggaran pada Credit Union dan berdasarkan kuesioner yang diperoleh, sistem pengendalian internal yang di laksanakan telah efektif dalam arti telah memenuhi  standar efektivitas penilaian, serta faktor-faktor penyebab selisih anggaran pada Credit Union yaitu pengendalian yang dibuat kurang diperhitungkan dengan baik dan proses penyusunan anggaran dilakukan hanya berdasarkan besarnya realisasi anggaran pada tahun sebelumnya.

 

Kata Kunci :Anggaran,Sistem dan proses penyusunan anggaran, Koperasi kredit


Refbacks

  • There are currently no refbacks.