ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL DALAM STANDAR KOMPETENSI PERSONEL BAGIAN PERKREDITAN (Studi Pada PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat Cabang Flamboyan)

Novita ANDRIANI B1035131006

Abstract


Sistem pengendalian internal merupakan suatu sistem yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan. Sistem ini bertujuan membantu perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaannya. Sistem pengendalian internal tersebut meliputi penerapan struktur organisasi yang jelas, prosedur pencatatan yang baik, praktek kerja yang sehat, dan kualitas pegawai yang sesuai dengan tanggung jawab kerja dibidangnya.

Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat Cabang Flamboyan adalah salah satu perusahaan yang memiliki penerapan sistem pengendalian internal yang sangat efektif dalam aktivitas perusahaannya. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya tujuan dalam penulisan ini yang membahas mengenai tingkat keandalan pengendalian internal dalam perkreditan dan kompetensi kerja yang harus dimiliki oleh setiap personel agar sesuai dengan SKKNI. Objek penelitian dalam penelitian ini berpusat kepada personel bagian perkreditan dan alur proses kredit yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, kepustakan, wawancara, dan kuisioner sebagai media dalam mendapatkan data yang akurat.

Dengan adanya metode yang diungkapkan di atas bahwa pada kompetensi personel bagian perkreditan, kompetensinya telah sesuai dengan SKKNI yang telah ditetapkan, hal ini diperoleh penilaian melalui penerapan internal qontrol quisioner yang dilakukan oleh penulis kepada seluruh personel bagian perkreditan PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat Cabang Flamboyan.

Adanya kompetensi yang dimiliki oleh personel bagian perkreditan juga turut ditunjang dengan adanya struktur organisasi perusahaan yang jelas, sistem pencatatan yang baik, dan praktek kerja yang sehat. Hal tersebut memberikan manfaat kepada PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat secara umum dalam memperoleh berbagai penghargaan melalui sistem pengendalian internal yang efektif dalam setiap kebijakan dan prosedur yang dilaksanakan oleh personel yang kompeten.

 

Kata Kunci: Sistem Pengendalian Internal, Kompetensi Kerja Kredit, PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat Cabang Flamboyan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.