“PERANAN ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DALAM MEMPERTIMBANGKAN PERMOHONAN KREDIT PADA BANK X ”

Agus Layarda B51111071

Abstract


Bank merupakan suatu perusahaan yang salah satu aktivitas usahannya adalah memberikan penyaluran kredit pinjaman dana kepada para perusahaan yang ingin mengajukan peminjaman modal. Dalam memberikan pinjaman modal , bank sendiri harus melakukan penyaringan secara baik dalam menyeleksi perusahaan yang akan diberikan pinjaman modal. Hal ini dimaksudkan agar bank tidak salam memberikan peminjaman modal kepada suatu perusahaan agar tidak terjadi suatu kredit macet. Hal-hal yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan analisis laporan keuangan perusahaan yang akan melakukan peminjaman modal agar bank dapat mengetahui aktivitas keuangan perusahaan tersebut dan memperoleh keyakinan dalam pemberian kredit tersebut.

Dengan ketertarikan terhadap analisis laporan keuangan dalam peminjaman modal, penulis tertarik untuk melakukan suatu penelitian pada Bank X mengenai peran penerapan analisis laporan keuangan perusahaan yang memadai dalam menunjang efektifitas pemberian kredit.

Hal yang diajukan dalam penganalisisan laporan keuangan suatu perusahaan yang diterapkan secara memadai dapat berperan dalam menunjang efektifitas pemberian kredit tersebut. Untuk menguji dan menjawab masalah-masalah data yang diperlukan dalam pengujian tersebut, penulis melakukan study kasus pada Bank X dan hasil penelitian menunjukkan bahwa Bank X telah menerapkan analisis laporan keuangan perusahaan secara memadai yang meliputi unsur-unsur analisis laporan keuangan seperti analisis rasio.dari hasil analisis rasio sendiri sangat membantu dalam memberikan keyakinan kepada bank dalam memberikan kredit bagi perusahaan yang telah selesai diuji apakah layak atau tidaknya dalam pemberian pinjaman modal.

Berdasarkan pembahasan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Bank X telah melakukan sistem penganalisisan terhadap perusahaan yang akan melakukan peminjaman dana agar dapat dipercaya dan sangat baik dalam memberikan pinjaman modal .

Dari hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa analisis laporan keuangan perusahaan yang diterapkan sangat memadai dan berperan dalam menunjang efektivitas pemberian kredit.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.