PENGARUH RASIO HUTANG DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN REAL ESTATE DAN PROPERTY YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Ety Agustini B51112171

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio hutang dan struktur modal terhadap manajemen laba. Untuk mengetahui praktik manajemen laba yang dilakukan perusahaan, dalam penelitian ini digunakan rumus Jones (1991).

Penelitian ini merupakan penelitian kausal yaitu penelitian yang bersifat menanyakan hubungan atau pengaruh antara dua variabel atau lebih yang bersifat sebab akibat. Sampel penelitian yang digunakan berasal dari Sub Sektor Property & Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang terdaftar selama periode 2009-2013, sebanyak 10 perusahaan yang dipilih melalui metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda.

Berdasarkan hasil pengujian, ditemukan bahwa kedua variabel yang mempunyai pengaruh namun kurang signifikan terhadap manajemen laba. Hasil pengujian dibuktikan dengan nilai t sig DER sebesar 0.180 sedangkan SM 0.209 lebih tinggi dari nilai signifikansi yang digunakan. Hasil dari koefisien determinasi menunjukkan bahwa 3.8% variasi variabel dependen.

 

Kata kunci: Manajemen laba, rasio hutang, struktur modal


Refbacks

  • There are currently no refbacks.