ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR PENERIMAAN DAN PENGELUARAN PERSEDIAAN BARANG DAGANGAN PADA PD. SUMBER PAWAN PONTIANAK

M. Dharma W B51111144

Abstract


Sistem merupakan kumpulan unsur dan elemen yang saling berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu malaui tiga tahapan yaitu input, proses, output.Sistem dibuat sebaik-baiknya untuk diterapkan sebagai pengendali suatu kegiatan yang terdapat dalam perusahaan sehingga tidak terjadi kesalahan dalam pencatatan laporan untuk pengambilan keputusan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk ; (1) Untuk mengetahui bagaimana sistem dan prosedur penerimaan dan pengeluaran barang dagangan oleh PD. Sumber Pawan Pontianak; (2) Untuk melihat faktor yang mempengaruhi keefektifan sistem dan prosedur penerimaan dan pengeluaran barang dagangan pada PD. Sumber Pawan Pontianak.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data adalah melalui teknik wawancara, observasi, studi pustaka, dan kuesioner. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisa terhadap flowchart, struktur organisasi dan compliance test.

Berdasarkan penelitian yang teelah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa sistem dan prosedur penerimaan dan pengeluaran barang dagangan pada PD. Sumber Pawan Pontianak berdasarkan flowchart dan struktur organisasi telah melaksanakan tanggungjawab tanpa adanya rangkap jabatan telah berjalan baik, namun melihat faktor yang mempengaruhi keefektifan penerimaan dan pengeluaran persediaan PD. Sumber Pawan Pontianak berdasarkan hasil compliance test, sistem yang dilaksakan telah berjalan cukup efektif dimana masih terdapatnya kesalahan dalam pencatatan beberapa dokumen terkait bukti pembelian.

Kata Kunci : Sistem, Prosedur Penerimaan Dan Pengeluaran Persediaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.