ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI ASET TETAP PADA KANTOR KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN KOTA PONTIANAK

HARIS SAPUTRA B51111090

Abstract


Aset tetap merupakan bagian utama aset pemerintah dan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penyajian neraca. Dalam pencatatan aset tetap terdapat metode penyusutan yang merupakan alat untuk mendapatkan penyajian yang wajar atau nilai terkini aset tersebut yang tercantum di dalam neraca. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan perlakuan akuntansi aset tetap; (2) untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan belum diterapkannya perlakuan akuntansi aset tetap.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Untuk melakukan evaluasi penerapan perlakuan akuntansi aset tetap, penulis mengevaluasi penerapan perlakuan akuntansi aset tetap yang telah ditentukan berdasarkan standar akuntansi pemerintahan dan bulletin teknis, serta melakukan studi dokumentasi.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan perlakuan akuntansi aset tetap pada Kantor Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kota Pontianak sudah sangat baik, hal ini dapat dilihat dari kuesioner yang menyatakan jawaban “YA” sebesar 77,27 % dan jawaban “TIDAK” sebesar 22,72 %, namun Kantor Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kota Pontianak belum menerapkan perlakuan akuntansi penyusutan aset tetap sesuai dengan bulletin teknis nomor 05, ini dibuktikan dengan jawaban kuesioner yang menyatakan jawaban “YA” sebesar 23,07 % dan jawaban “TIDAK” sebesar 76,92 %.

 

Kata Kunci :  Aset Tetap, Neraca, Metode Penyusutan, Standar Akuntansi  Pemerintah dan

Bulletin Teknis.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.