EVALUASI PENERAPAN ANGGARAN BERBASIS KINERJA PADA KANTOR KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN KOTA PONTIANAK

DARA AGUSTINA B51111147

Abstract


Perubahan sistem penganggaran dari tradisional menjadi anggaran berbasis kinerja dilakukan untuk memenuhi tuntutan akan adanya good governance. Anggaran berbasis kinerja lebih menekankan dengan analisis rangkaian kegiatan yang dihubungkan dengan tujuan dan pengukuran value for money. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan anggaran berbasis kinerja; (2) untuk mengetahui  evaluasi anggaran berbasis kinerja tersebut sudah menerapkan standar pelayanan minimum sesuai dengan peraturan pemerintah UU No.32 tahun 2004 yang telah ditetapkan.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Untuk melakukan evaluasi penerapan anggaran berbasis, penulis mengevaluasi penerapan anggaran berbasis kinerja yang telah ditentukan oleh Direktorat Jendral Anggaran dan melakukan  studi dokumentasi untuk  penerapan standar pelayanan minimal (SPM).

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan anggaran berbasis kinerja pada Kantor Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kota Pontianak sudah sangat  baik, hal ini dapat dilihat dari pencapaian kinerja yaitu dengan visi, misi, tujuan, target yang telah ditetapkan dan pada analisis value for money penerapan anggaran berbasis kinerja belum seluruh program ekonomis, akan tetapi seluruh program kinerja sudah efektif dan efisien. Untuk standar pelayanan minimal sudah terapkan dengan baik. Hanya beberapa hal saja yang belum diterapkan yaitu belum menyusun kelembagaan terhadap masyarakat dan belum menyusun atau membuat peta daerah sentra pengembangan produksi pada lokal spesifik daerah.

 

Kata Kunci: Anggaran Berbasis Kinerja, Good Governance, Keputusan

Direktorat Jendral Anggaran, Value for Money, dan Standar

Pelayanan Minimal.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.