PENGARUH PROFITABILITAS DAN PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2011-2013)

ALDIO ANUGRAH PUTRA B51111022

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Profitabilitas yang diwakili oleh Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE) serta laporan keberlanjutan / Sustainability Report (SR) yang diwakili Pengungkapan Kinerja Eknomi (PKE), Pengungkapan Kinerja Lingkungan (PKL), Pengungkapan Kinerja Sosial (PKS) terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan pertambangan di Indonesia.

Populasi dari penelitian ini adalah semua perusahaan di Indonesia yang telah menerbitkan laporan keberlanjutan pada tahun 2011 hingga 2013. Total sampel penelitian adalah 12 perusahaan yang ditentukan melalui purposive samplingyang merupakan perusahaan yang menerbitkan sustainability report dan laporan tahunan. Analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan metode regresi linear berganda.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor Profitabilitas yang telah diwakili Return On Asset (ROA) dan laporan keberlanjutan / Sustainability Report (SR) yang diwakili Pengungkapan Kinerja Lingkungan (PKL), Pengungkapan Kinerja Sosial (PKS) signifikan terhadap nilai perusahaan pertambangan di Indonesia, sedangkan ukuran Return On Equity (ROE) yang mewakili Profitabilitas dan Pengungkapan Kinerja Eknomi (PKE) yang mewakili laporan keberlanjutan / Sustainability Report (SR) tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan di Indonesia.

Kata kunci : Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE),Sustainability Report (SR), Laporan Keberlanjutan, Pengungkapan Kinerja Eknomi (PKE), Pengungkapan Kinerja Lingkungan (PKL), Pengungkapan Kinerja Sosial (PKS), Nilai Perusahaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]