PENGARUH INFORMASI KEUANGAN TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN PENGAMATAN 2010-2013

Firda Niswatul Ulya Putri Firda B41111012

Abstract


Abstrak

            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh parsial dan simultan dari informasi keuangan yang meliputi Price Earning Ratio (PER), Price to Book Value (PBV), dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return Saham. Variabel-variabel independen dalam penelitian ini adalah Price Earning Ratio (PER), Price to Book Value (PBV), dan Debt to Equity Ratio (DER), sedangkan variabel independen dalam penelitian ini adalah Return Saham.

            Perusahaan yang menjadi sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur dalam kategori consumer goods industry, food and beverages, cosmetics and household goods dan pharmaceuticals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2010-2013.  Data yang dikumpulkan menggunakan metode purposive sampling. Total 19 perusahaan manufaktur ditentukan sebagai sampel dari penelitian ini. Analisis data yang dilakukan menggunakan aplikasi SPSS 20, dengan pengujian analisis regresi linear berganda untuk melihat hubungan antara variabel-variabel independen dengan variabel dependen, serta pengujian hipotesis sendiri menggunakan pengujian Parsial (t test) untuk melihat pengaruh variabel-variabel independen secara individual terhadap variabel dependen, pengujian Simultan (F test) untuk melihat pengaruh variabel-variabel independen secara bersama-sama terhadap variabel dependen, dan pengujian koefisien determinasi untuk melihat seberapa besar variabel-variabel independen mempengaruhi variabel dependen.

            Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel  Price Earning Ratio (PER) berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham, variabel Price to Book Value (PBV) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap return saham, sedangkan variabel Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap return saham. Dan secara bersama-sama ketiga variabel ini tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham.  Hasil koefisien determinasi menunjukkan persentase sebesar 11,9% yang berarti 88,1%  variabel return saham  dipengaruhi oleh variabel-variabel  lain diluar penelitian ini.

            Kata Kunci: Return Saham, Price Earning Ratio (PER), Price to Book Value (PBV), dan Debt to Equity Ratio (DER)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.