PENGARUH SIZE PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR DISCLOSURE) PADA PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Tiara Monika B41111148 tiara B41111148

Abstract


Abstraksi

Tanggung jawab sosial yang dijalankan perusahaan menunjukkan bahwa perusahaan tidak hanya fokus untuk mensejahterakan para stockholder tetapi juga tetap memperhatikan para stakeholder dan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa variabel independen yang terdiri dari : size, profitabilitas, dan leverage terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan sektor telekomunikasi yang terdaftar di bursa efek Indonesia baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di BEI periode 2009-2014. Sampel dipilih dengan menggunakan purposive sampling, dan diperoleh sebanyak 30 sampel penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa size (ukuran) perusahaan berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial, sedangkan profitabilitas dan leverage masing-masing tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial (CSR Disclosure). Sedangkan secara simultan, size perusahaan, profitabilitas, dan leverage berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan.

Kata kunci: pengungkapan tanggung jawab sosial, size perusahaan, profitabilitas, leverage, analisis regresi linear berganda

Refbacks

  • There are currently no refbacks.