ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL DALAM PELAKSANAAN PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BANK KALBAR SYARIAH CABANG PONTIANAK

ENDANG FITRIANI B41111016

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pengendalian internal dalam pelaksanaan Pembiayaan Murabahah pada Bank Kalbar Syariah cabang Pontianak sudah dapat dikatakan efektif atau belum. Pembiayaan Murabahah merupakan transaksi penjualan barang dengan menyatakan harga perolehan dan keuntungan yang disepakati oleh penjual dan pembeli, penjual mendapat manfaat keuntungan dan pembeli mendapat manfaat dari benda yang dibeli.

Penelitian ini dilaksanakan pada Bank Kalbar Syariah cabang Pontianak. Teknik pengambilan sampel menggunakan pendekatan kualitatif yang menggunakan metode deskriptif. Analisis yang digunakan adalah evaluasi struktur organisasi, analisis flowchart dengan memaparkan mekanisme transaksi pembiayaan murabahah yang melibatkan tiga alur bagian transaksi yaitu seksi pembiayaan, seksi akuntansi, dan seksi pelayanan nasabah, analisis internal control questionnaire daftar pertayaan yang disusun untuk mengetahui sistem pengendalian internal dalam pelaksanaan pembiayaan murabahah, dan analisis pengujian kepatuhan (compliance test) untuk membuktikan tingkat kepatuhan terhadap sistem dan prosedur yang harus dilakukan atas pelaksanaan pembiayaan murabahah terdiri dari: eksistensi transaksi, otorisasi, kelengkapan transaksi-transaksi, ketelitian, dan klasifikasi.

Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa sistem pengendalian internal dalam pelaksanaan Pembiayaan Murabahah pada Bank Kalbar Syariah cabang Pontianak sudah efektif. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi struktur organisasi, analisis flowchart, analisis internal control questionnaire, dan analisis compliance test.

Kata kunci: Sistem Pengendalian Internal dan Pembiayaan Murabahah.

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.