PENERAPAN METODE ACTIVITY BASED COSTING SYSTEM DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENETAPAN TARIF PADA PT. ADAU KAPUAS

William Candra B41110017

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode yang digunakan oleh perusahaan dalam menghitung harga pokok produksi (HPP), dalam penelitian ini metode konvensional dan Activity Based Costing system (ABC) yang menjadi fokus penelitian. Perhitungan harga pokok produksi menjadi sangat penting karena menjadi dasar dalam penetapan tarif atas produk yang ditawarlan, dalam kaitannya dengan manfaat penelitian ini diharapkan penetapan tarif yang tepat dapat memberikan manfaat kepada perusahaan serta masyarakat agar di dalam menjual dan mengkonsumsi produk yang tawarkan tercipta suatu keseimbangan (win-win solution). 

Perusahaan yang menjadi object penelitian ini adalah PT. Adau Kapuas yang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang penyedia jasa transportasi umum antar kota di Kalimantan Barat. Sample yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah laporan keuangan tahunan PT. Adau Kapuas  yakni laporan tahun 2014. Penelitian ini menganalisis pada laporan tahunan perusahaan dengan membandingkan antara hasil perhitungan HPP menggunakan metode konvensional dan ABC.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengalokasian biaya dalam menghitung harga pokok produksi menjadi lebih akurat dengan menggunakan Activity Based Costing, hal ini dikarenkan biaya-biaya yang terjadi dibebankan kepada produk atas dasar aktivitas dan sumber daya yang dikonsumsi oleh produk dan juga menggunakan dasar lebih dari satu cost driver, sehingga tarif yang ditetapkan perusahaan menjadi lebih akurat pula.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.