ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI PADA USAHA KECIL MENENGAH (Studi Pada Usaha Fotocopy di Kota Pontianak )

Kiki Susanti B51111049

Abstract


Selama   ini   Usaha   Kecil   Menengah   diharuskan   menyusun   laporan keuangan yang sesuai Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Umum. Hal ini cukup memberatkan bagi Usaha Kecil Menengah karena maresa kesulitan jika harus membuat laporan keuangan dengan standar seperti yang digunakan oleh perusahaan besar. Namun dengan diterbitkannya Standar Akuntansi Keuangan baru lebih praktis bagi usaha kecil menengah yaitu Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP), diharapkan agar usaha kecil menengah bisa lebih mudah menyusun laporan keuangan yang berpedoman pada Standar Akuntansi Keuangan ini.

 

Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan akuntansi yang dilakukan oleh pengusaha fotocopy di Kota Pontianak apakah sudah sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP).

 

Dalam penelitian ini usaha fotocopy yang menjadi sampel berjumlah 30 usaha fotocopy. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu dengan menggunakan kriteria tertentu.

 

Dengan menggunakan analisis deskriptif maka dapat disimpulkam bahwa pencatatan yang dilakukan oleh pengusaha fotocopy di Kota Pontianak belum sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP).

 

 

Kata kunci : Penerapan Akuntansi, SAK ETAP, UKM

 

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.