PENGARUH ASIMETRI INFORMASI, PRAKTIK MANAJEMEN LABA DAN TINGKAT DISCLOSURE TERHADAP BIAYA MODAL EKUITAS PADA PERUSAHAAN YANG TERGABUNG DALAM LQ45 DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE FEBRUARI-JULI TAHUN 2011-2013

SABRINA SARASWATI B41111132

Abstract


Biaya modal ekuitas (Cost of Capital) adalah biaya riil yang harus dikeluarkan oleh perusahaan untuk memperoleh dana yang berasal dari hutang, saham preferen, saham biasa, dan laba ditahan untuk mendanai suatu investasi atau operasi perusahaan. Penentuan besarnya biaya modal ini dimaksudkan untuk mengetahui berapa besarnya biaya riil yang harus dikeluarkan perusahaan untuk memperoleh dana yang diperlukan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh asimetri informasi, praktik manajemen laba, dan tingkat disclosure pada perusahaan yang tergabung dalam lq 45 di Bursa eEek Indonesia periode februari-juli . Dengan menggunakan metode purposive sampling didapat 30 perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai sampel. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa asimetri informasi, praktik manajemen laba, dan tingkat disclosure tidak berpengaruh secara signifikan terhadap biaya modal ekuitas. Oleh sebab itu, ketiga variabel tersebut tidak dapat dijadikan indikator perusahaan dalam mengukur biaya modal ekuitas perusahaan.

 

Kata Kunci : Biaya Modal, Tingkat Disclosure, Manajemen Laba, Asimetri Informasi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.