PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI KANTOR CAMAT PEMANGKAT KABUPATEN SAMBAS

DITA LITIA B41111026

Abstract


Tujuan penelitan ini untuk menganalisis pengaruh patisipasi dan motivasi terhadap kinerja pegawai kantor camat Pemangkat Kabupaten Sambas. Permasalahan umum dalam penelitian ini adalah kurangnya partisipasi anggaran dan motivasi yang mempengaruhi kinerja pegawai.

Data yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner adalah dengan populasi 15 responden pegawai kantor camat Pemangkat.Analisis regresi berganda dengan perangkat lunak Statistical Product and Service Solution (SPSS) yang digunakan untuk menganalisis data.

Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas; partisipasi anggaran (X1) dan motivasi (X2) dan variabel terikat; kinerja pegawai (Y). Sebelum pengujian hipotesis dilakukan pengujian instrumen yang meliputi uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedasitas, kemudian dilakukan uji hipotesis dengan uji simultan (uji F) dan uji parsial (uji T). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi anggaran tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai dan menunjukkan bahwa motivasi juga tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai.

Kata Kunci : Partisipasi anggaran, motivasi dan kinerja pegawai.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.