ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH MENGGUNAKAN PENDEKATAN INCOME STATEMENT DENGAN VALUE ADDED STATEMENT PADA BANK SYARIAH DI INDONESIA

Rizky Sari Fahriani B41111020

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat perbedaan yang signifikan laporan keuangan perbankan syariah menggunakan pendekatan laba rugi dan nilai tambah yang diukur menggunakan rasio keuangan. Rasio keuangan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah ROA, ROE, LBAP, NPM dan BOPO.

Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan yang telah di audit oleh auditor independen periode tahun 2009-2013 dari PT Bank Syariah Mandiri, PT Bank Muamalat Indonesia dan PT Bank BRI Syariah menggunakan dua pendekatan yaitu income statement approach dan value added approach. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa rasio ROA, ROE, LBAP dan NPM terdapat perbedaan yang signifikan antara income statement approach dan value added approach. Dan rasio BOPO tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara income statement approach dan value added approach. Kinerja secara keseluruhan menunjukan bahwa terdapat perbedaan tingkat profabilitas yang signifikan antara income statement approach dan value added approach.

Kata Kunci: kinerja keuangan, laporan laba rugi, laporan nilai tambah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.