EVALUASI SISTEM DAN PROSEDUR PENGAJUAN KLAIM ASURANSI KESEHATAN PADA PT. ASKES (PERSERO) CABANG SINGKAWANG

DWI RESTIYANTI B51109100

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah sistem dan prosedur pengajuan klaim asuransi kesehatan pada PT. Askes (Persero) Cabang  Singkawang sudah sesuai dengan prosedur yang ditetapkan serta untuk mengetahui apakah sistem pengendalian intern dalam pembayaran klaim asuransi kesehatan pada PT. Askes (Persero) Cabang Singkawang sudah berjalan dengan baik. Sistem dan prosedur tersebut ditetapkan untuk mempermudah proses pengajuan dan pembayaran klaim asuransi kesehatan oleh para provider.

Objek yang diteliti adalah Sistem dan Prosedur pengajuan klaim serta Sistem Pengendalian Intern di PT. Askes (Persero) Cabang Singkawang. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, metode ini bertujuan untuk menguji secara intensif terhadap suatu entitas tunggal mengenai peristiwa-peristiwa serta komunikasi kontemporer yang nyata.

Alat analisis yang digunakan yaitu analisis terhadap struktur organisasi, flowchart, kuisioner dan tes kepatuhan.  Kuisioner dilakukan terhadap seluruh pegawai dan tes kepatuhan dilakukan untuk seluruh rumah sakit yang bekerjasama dengan PT. Askes (Persero) Cabang Singkawang.

Dari penelitian ini hasil yang diperoleh adalah bahwa sistem dan prosedur telah berjalan sesuai dengan yang ditentukan, namun karena volume kerja yang tinggi maka masih terkendala dengan kurangnya SDM sehingga pelaksanaan verifikasi klaim menjadi kurang optimal.

 

Kata Kunci :  Sistem dan Prosedur, Pengajuan Klaim

Refbacks

  • There are currently no refbacks.