ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL PADA SISTEM PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN DI PT ADHI KARYA (PERSERO) TBK, PROYEK PELEBARAN JALAN SEKADAU-TEBALIAN, KALIMANTAN BARAT

Ridho Alfian Ilman Ridho B41108099

Abstract


ABSTRAK

Ridho Alifian Ilman (2015), “Analisis Pengendalian Internal pada Sistem Penggajian dan Pengupahan di PT Adhi Karya (Persero) Tbk, Proyek Pelebaran Jalan Sekadau-Tebalian Kalimantan Barat”. Membahas masalah bagaimana sistem penggajian dan pengupahan yang diterapkan oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk pada proyek pelebaran jalan Sekadau-Tebalian dan apakah pengendalian internal pada sistem penggajian dan pengupahan di PT. Adhi Karya (Persero) Tbk pada proyek pelebaran jalan Sekadau-Tebalian telah efektif. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimanan sistem penggajian dan pengupahan yang diterapkan oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk pada proyek pelebaran jalan Sekadau-Tebalian dan untuk mengetahui apakah pengendalian internal pada sistem penggajian dan pengupahan di PT Adhi Karya (Persero) Tbk pada proyek pelebaran jalan Sekadau-Tebalian telah efektif.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan dengan meneliti, memahami dan menjelaskan keadaan yang telah terjadi sebelumnya secara logis masalah yang telah dirumuskan berdasarkan fakta dan teori yang relevan, berdasarkan metode tersebut digunakan pengumpulan data observasi, wawancara, studi dokumenter, dan studi kepustakaan dengan alat analisis yang digunakan adalah Struktur Organisasi Perusahaan, Flowchart, Internal Control Questioner (ICQ), dan Compliance Test.

Hasil penelitian yang didapat adalah sistem pengendalian internal penggajian dan pengupahan pada PT Adhi Karya (Persero) Tbk dilaksanakan dengan melakukan tindakan evaluasi yang memeriksa arus dokumen dalam sistem-sistem prosedur operasional perusahaan melalui flowchart. Penerapan sistem pengendalian internal penggajian dan pengupahan pada PT Adhi Karya (Persero) Tbk telah berjalan dengan baik dan efektif. Hal tersebut dapat terlihat dari adanya unsur-unsur sistem pengendalian internal berdasarkan evaluasi flowchart, analisis internal control questioner, dan uji ketaatan (absensi) pada karyawan PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

 

Kata kunci : Sistem Pengendalian Internal, Sistem Penggajian dan Pengupahan.

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.