ANALISIS POTENSI KEBANGKRUTAN BERDASARKAN METODE ALTMAN Z-SCORE PADA PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2010 - 2013

Eva Agustina B41111007 Eva B41111007

Abstract


Abstrak

 

Laporan Keuangan merupakan alat yang sangat penting untuk memperoleh informasi sehubungan dengan posisi keuangan dan hasil-hasil yang telah dicapai oleh perusahaan yang bersangkutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis potensi kebangkrutan pada perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di BEI. Data yang digunakan adalah data sekunder. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode Altman Z-Score yang menghubungkan koefisien 1.2X1 + 1.4X2 + 3.3X3 + 0.6X4 + 1.0X5. Dari hasil analisis yang dilakukan penulis, maka didapat pengklasifikasian 6 perusahaan telekomunikkasi. Dengan menggunakan metode Altman Z-Score, maka dapat diprediksi potensi tingkat kebangkrutan 6 perusahaan telekomunikasi. Pada tahun 2010 kategori perusahaan bangkrut sebanyak 4 perusahaan. Perusahaan yang berada di grey area hanya 2 perusahaan. Kategori perusahaan yang tidak bangkrut tidak ada.

Pada tahun 2011, perusahaan yang diprediksi bangkrut masih sama seperti tahun sebelumnya yaitu sebanyak 4 perusahaan. Perusahaan yang berada di grey area hanya 2 perusahaan. Kemudian perusahaan yang termasuk kategori tidak bangkrut tidak ada. Pada tahun 2012, kategori perusahaan bangkrut sebanyak 4 perusahaan. Perusahaan yang termasuk kategori grey area tidak ada. Perusahaan yang termasuk kategori tidak bangkrut sebanyak 2 perusahaan. Pada tahun 2013, kategori perusahaan bangkrut sebanyak 4 perusahaan. Perusahaan yang termasuk kategori grey area hanya 1 perusahaan. Perusahaan yang termasuk kategori tidak bangkrut hanya 1 perusahaan.

 

Kata Kunci      :           Laporan Keuangan, Analisis Z-Score

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.