SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PERSEDIAAN BARANG DAGANGAN PADA OKESHOP PONTIANAK

Utami Sesworini B1035131035

Abstract


Dengan perkembangan dunia komunikasi yang semakin meningkat, tingkat penggunaan dan kebutuhan handphone relatif bertambah. Untuk itulah peran sistem pengendalian internal persediaan barang sangat diperlukan perusahaan. Oleh karena itu, peneliti bermaksud menganalisis “Sistem Pengendalian Internal Persediaan Barang Dagangan Pada OkeShop Pontianak”.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pengendalian internal persediaan barang  dagangan pada OkeShop Pontianak dan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan tidak efektifnya pengendalian internal pada OkeShop Pontianak.

Teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik deskriftif kualitatif, yaitu membandingkan data yang terkumpul dengan landasan teoritis sebagai bahan acuan dalam memberikan beberapa usulan pemecahan masalah.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa sistem pengendalian internal persediaan pada OkeShop belum diterapkan sesuai dengan tugas yang sudah ada. Hal ini menjadi faktor utama terjadinya selisih persediaan barang pada OkeShop. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan studi kasus dan dengan metode kualitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara observasi, kuesioner, dan studi dokumenter.

Berdasarkan analisa, maka dapat disimpulkan bahwa sistem pengendalian intern persediaan barang dagangan untuk memperlancar penjualan belum efektif. Kurangnya pengawasan pada persediaan barang yang ada pada outlet menjadi kelemahan perusahaan. Maka pihak perusahaan perlu meningkatkan pengawasan terhadap persediaan barang di outlet supaya penjualan dapat berjalan dengan lancar.

 

Kata Kunci : Sistem Pengendalian Intern, Persediaan Barang Dagangan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.