ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN UNTUK PERSEDIAAN BARANG DAGANG PADA CV. KAPUAS INDAH CEMERLANG

THOMAS WILLIAM FAJARAI B51110055

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perusahaan yang bergerak di bidang penjualan produk kosmetik di Pontianak, yang masih bermasalah dalam hal persediaan barang dagangnya, yaitu CV. Kapuas Indah Cemerlang. Metode pencatatan akuntansi yang digunakan dalam perusahaan ini adalah metode perpetual, yaitu sistem pencatatan yang di mana pendapatan dan HPP dicatat pada saat terjadinya transaksi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan masalah terhadap persediaan barang dagang di CV. Kapuas Indah Cemerlang, seperti misalnya banyak dari kemasan produk yang akan dijual rusak, sehingga harus di retur ataupun mekanisme pengorderan barang dagang dari Pontianak ke Jakarta yang masih sering terjadi keterlambatan dan tempat penyimpanan barang dagang yang masih belum memadai.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Sistem Pengendalian Intern dan Economic Order Quantity pada CV. Kapuas Indah Cemerlang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data yang diperoleh dari hasil penelitian diproses kemudian dianalisis serta diinterpretasikan dengan menggunakan teori. Teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara dan analisis data. Alat analisis data yang digunakan adalah Internal Control Questionaire, Flowchart, Struktur Organisai dan Dokumen terkait.

Berdasarkan analisis yang dilakukan pada internal control questionaire yang berkaitan dengan penilaian aktivitas persediaan barang dagang yang terdiri dari 25 pertanyaan, diperoleh 21 jawaban YA (84%) dan 4 jawaban TIDAK  (16%). Berdasarkan jawaban dari daftar questionaire yang diajukan kepada CV. Kapuas Indah Cemerlang, maka dapat ditarik kesimpulan, bahwa pengendalian internal yang berjalan sudah efektif. Namun masih ada kelemahan dalam sistem pengendalian internal yang masih harus diperbaiki dan dibenahi contohnya setiap bukti pengantaran tidak disertai dengan kualitas dari barang tersebut yang dapat menyebabkan kerugian bagi perusahaan.

 

Kata Kunci:     Sistem Pengendalian Intern, Persediaan Barang Dagang, Sistem Informasi , Internal Control Questionaire, Flowchart, Economic Order Quantity.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.