PENGARUH KOMPONEN LAPORAN ARUS KAS, ECONOMIC VALUE ADDED DAN SIZE PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM

Siska Noviriantiningsih Siswanti B51112183

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh komponen arus kas yang terdiri dari tiga laporan yaitu: laporan arus kas operasi, laporan arus kas investasi dan laporan arus kas pendanaan, economic value added dan size atau ukuran perusahaan terhadap return saham.

Populasi dalam penelitian ini adalah 16 perusahaan pada sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2013. Jumlah sampel sebanyak 12 perusahaan dipilih menggunakan metode purposive sampling. Sumber data berupa laporan keuangan perusahaan dan harga saham selama 5 tahun berturut-turut sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis regresi berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa arus kas operasi, arus kas investasi, arus kas pendanaan, dan size tidak memiliki pengaruh terhadap return saham. Hal ini dapat ditunjukkan dengan nilai signifikansi yang melebihi 0.05, yaitu 0.395 untuk arus kas operasional, 0.877 untuk arus kas investasi, 0.224 untuk arus kas pendanaan dan 0.110 untuk size. Sedangkan Economic Value Added memiliki pengaruh yang signifikan terhadap return saham dengan nilai signifikansi 0.028 < 0.05. Nilai koefisien determinasi pada penelitian ini sebesar 11.9%.

Kata Kunci: Return Saham, Arus Kas Operasi, Arus Kas Investasi, Arus Kas Pendanaan, Size, Economic Value Added.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.