ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN DAN TINGKAT PERPUTARAN PIUTANG PADA PT PROBESCO DISATAMA PONTIANAK

SETTYO NUGROHO B1035131028

Abstract


Perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan harus melakukan pengendalian. Pengendalian yang diterapkan harus memberi manfaat, dalam hal ini mampu meningkatkan efektivitas operasi. Pengendalian tersebut juga bertujuan agar segala sesuatunya berjalan sesuai dengan seharusnya. Pengendalian dimaksud adalah pengendalian intern terhadap piutang usaha dan efektivitas yang dimaksud adalah tingkat perputaran piutang.

Penelitian dilakukan di kantor PT Probesco Disatama Cabang Pontianak yang beralamat di Jl Arteri Supadio Km. 55 dengan menggunakan uji kualitatif terhadap kuesioner pengendalian piutang usaha yang mengacu pada kerangka kerja COSO pada unsur-unsur pengendalian intern serta rasio perputaran piutang yaitu RTO, ACP, Rasio Tunggakan dan rasio penagihan.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa dari unsur-unsur pengendalian intern menurut kerangka kerja COSO, unsur penentuan resiko dan unsur aktivitas pengendalian cukup efektif, sedangkan unsur lingkungan pengendalian, unsur informasi dan komunikasi, serta unsur pengawasan atau pemantauan telah efektif dan dari efektifitas perputaran piutang sudah cukup efektif.

 

Kata kunci : pengendalian intern, perputaran piutang, piutang usaha.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.