ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN KREDIT DAN PENAGIHAN PIUTANG UNTUK USAHA PERDAGANGAN BAJU OLEH AL COLLECTION

Selli Juliani B51111099

Abstract


Piutang dalam kegiatan perdagangan merupakan unsur yang penting bagi kelangsungan perusahaan. Ada kemungkinan dalam penjualan kredit terjadi piutang tidak tertagih apabila telah jauh melewati tanggal jatuh tempo yang menyebabkan kerugian pada perusahaan. Perusahaan harus berusaha untuk memperkecil kemungkinan tersebut dengan menetapkan sistem dan prosedur penjualan kredit dan penagihan piutang yang baik melalui sebuah sistem informasi akuntansi. Sistem informasi akuntansi dibuat dan dijalankan agar proses penjualan akan melewati prosedur yang telah ditetapkan yang bertujuan untuk meminimalkan timbulnya piutang tidak tertagih.

Penulis melakukan penelitian dengan judul “Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Kredit dan Penagihan Piutang untuk Usaha Perdagangan Baju oleh Al Collection”, yang merupakan jenis usaha grosir pakaian jadi untuk dewasa pria dan wanita. Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data dari Al Collection yang kemudian diuraikan secara terperinci untuk mengetahui permasalahan peneltian dan mencari penyelesaiannya. Penulis menggunakan alat analisis flowchart, analisis organisasi dan analisis ICQ.

Berdasarkan analisis ICQ diperoleh hasil sebesar 71,74% yang dikategorikan bahwa sistem dan prosedur yang sudah dijalankan oleh perusahaan yang diteliti sudah efektif. Namun masih ditemukan kekurangan seperti, kekurangan form untuk pemesanan dan penggandaan menjalankan tugas. Diharapkan dengan hasil penelitian dan saran yang diberikan dapat membantu perusahaan dalam memperbaiki sistem dan prosedurnya.

 

 

Kata kunci : sistem informasi akuntansi, penjualan kredit, penagihan piutang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.