EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERN PENGGAJIAN PADA YAYASAN KEJAYAAN ISLAM KHATULISTIWA (SEKOLAH ISLAM AL AZHAR PONTIANAK)

SAFTA HUTAMA B51111075

Abstract


Sistem  pengendalian  intern  adalah  kebijakan  dan  prosedur  yang  diterapkan  oleh manajemen   guna   memperoleh  keyakinan   yang   lebih  memadai  atas  tercapainya  tujuan yayasan.   Sistem   dan   prosedur   penggajian   merupakan   salah   satu   unsur   yang   dapat meningkatkan  efektifitas  dan  efisiensi.  Dengan  sistem dan prosedur  penggajian yang baik, efektifitas  dan  efisiensi  yang  diharapkan  oleh  yayasan  akan tercapai. Sistem dan prosedur yang  baik akan membuat seorang karyawan merasa dihargai atas  jerih payah yang dilakukan bagi yayasan,  karena tenaga kerja merupakan  inti penggerak dari yayasan dalam memproses input  menjadi  output.  karena  itulah,  kita  perlu  mengadakan  perencanaan dan penanganan yang baik terhadap tenaga kerja.

Berdasarkan hal tersebut, dalam skripsi ini penulis mengangkat permasalahan yaitu apakah sistem dan prosedur penggajian yang diterapkan Yayasan Kejayaan Islam Khatulistiwa Pontianak sudah efektif, dan faktor – faktor apa yang menyebabkan efektif tidaknya penerapan sistem pengendalian intern terhadap siklus penggajian tersebut. Dengan melihat kepada permasalahan tersebut maka tujuan yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui sistem dan prosedur penggajian yang telah disusun, untuk mengetahui efektifitas sistem pengendalian intern terhadap sistem penggajian, dan untuk mengetahui faktor – faktor yang menyebabkan efektif tidaknya sistem pengendalian intern terhadap siklus penggajian.

Dalam skripsi ini metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu berdasarkan fakta yang tampak atau sebagaimana adanya. Metode ini ditunjukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara ,observasi, studi pustaka, dan studi dokumenter. Sedangkan teknik penganalisisan data yang digunakan adalah struktur organisasi yang terdapat pada Yayasan Kejayaan Islam Khatulistiwa Pontianak, analisa flowchart atas sistem dan prosedur penggajian, internal control quesionare, dan compliance test.

Melihat  hasil penelitian bahwa sistem pengendalian intern terhadap siklus penggajian yayasan  dapat  dikatakan  sudah  sangat efektif, dimana hal ini di indikasikan bahwa yayasan sudah  memiliki  karyawan  yang  kompeten  dan  berintegritas  baik, dalam  pembagian tugas karyawan  sudah  jelas  serta  masing – masing  bagian  sudah melakukan fungsinya masing – masing,  karyawan sebagian besar sudah mengerti dengan sistem dan prosedur yang ada pada yayasan, dan sudah adanya tanggung jawab fungsional oleh masing – masing bagian.

Kata kunci : Evaluasi, Sistem Pengendalian Intern, Penggajian


Refbacks

  • There are currently no refbacks.