ANALISIS IMPLEMENTASI PSAK NO. 109 PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT (DOMPET UMMAT)

REZA FAHMI B51108098

Abstract


Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang ketiga, dengan zakat dapat membantu meringankan beban orang lain, terutama fakir miskin. Untuk itu diperlukan pengelolaan yang baik dan amanah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaporan dan penerapan pengelolaan dana zakat, infaq dan sedekah di Lembaga Amil Zakat Dompet Ummat telah sesuai dengan PSAK 109 dan mengetahui faktor-faktor yang membuat PSAK 109 belum dapat diterapkan.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengambilan data berupa data primer dan data sekunder, dengan cara wawancara dan observasi. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah PSAK 109. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah menganalisa penerapan PSAK 109 pada Lembaga Amil Zakat Dompet Ummat.

Ada 4 aspek yang menjadi dasar menganalisa PSAK 109, yaitu: pengakuan, pengukuran, penyajian dan pengungkapan. Dalam aspek penyajian Dompet Ummat mengunakan laporan tahunan yang berupa data penerimaan dan pendistribusian dana zakat,infaq dan sedekah.

Dari beberapa paragraf yang ada di PSAK 109, Dompet Ummat belum sepenuhnya dapat menerapkan PSAK 109 tersebut. Hal ini disebabkan belum adanya penerimaan zakat,infaq dan sedekah berupa non-kas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.