SISTEM DAN PROSEDUR PENJUALAN ICE CREAM WALL’S PADA PD. SUBUR ABADI PONTIANAK

JOHN DAVID OKTAVIAN B51111084

Abstract


Perusahaan didirikan untuk mencari laba yangsebesar-besarnya dan untuk dipertahankan kelangsungan hidup usahanya.Tentu saja kelangsungan usaha inidapat terwujud jika barang atau jasa yang ditawarkan dapat diterima di pasaran,dan dapat menarik pangsa pasar.Oleh karena itu, penting untuk perusahaanmempelajari sistem penjualan, karena penjualan merupakan sumberpenghasilan bagi perusahaan. Salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan menggunakan sistem penjualan kredit. Untuk mencapai tujuan tersebut, pimpinan perusahaan membutuhkan suatu sistem untuk dapat membantu mengadakan pengendalian intern yang dapat memberi informasi sejauh mana kemajuan perusahaan yang telah dicapai, serta dapat mempertanggungjawabkan kekayaan perusahaan yang diserahkan padanya.Atas dasar kondisi di atas dipandang perlu untuk mengetahui penerapan sistem penjualan kredit pada PD. Subur Abadi Pontianak.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem akuntansi penjualan kredit pada PD. Subur Abadi Pontianak.Apakah Sistem Akuntansi Penjualan kredit pada PD. Subur Abadi Pontianak telah memenuhi Sistem Pengendalian Intern yang memadai.Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif.

Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa sistem akuntansi penjualan kredit pada PD. Subur Abadi Pontianak sudah cukup baik namun perlu dilakukan pencatatan ke dalam jurnal penjualan dan buku besar pada bagian akuntansi.

 

 

Kata Kunci : Sistem Akuntansi, Penjualan Kredit.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.