PENERAPAN BALANCE SCORECARD SEBAGAI TOLAK UKUR PENGUKURAN KINERJA PADA RUMAH SAKIT ANTONIUS KOTA PONTIANAK

JANUARDI KURNIANSYAH B51111079

Abstract


Rumah Sakit Antonius Kota Pontianak di dalam melayani konsumen dengan menggunakan Balance Scorecard agar lebih komprehensif, akurat, terukur karena dalam menilai kinerja suatu organisasi tidak hanya dinilai dari aspek keuangan saja tetapi juga dinilai dari  aspek non keuangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui/menginvestigasikan gambaran penggunaan Balance Scorecard terhadap penilaian kinerja rumah sakit, mengevaluasi penerapan Balance Scorecards ebagai alat analisis yang komprehensif, koheren pada suatu rumah sakit serta membandingkan pengukuran kinerja rumah sakit yang memperhatikan aspek financsal dan aspek non finansial.

Metode yang digunakan adalah deskirptif, yaitu suatu metode yang bertujuan membuat gambaran keadaan secara sistematis. Aktual dan akurat mengenai fakta,  sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki, melalui pelaksanaan penelitian perpustakan dan documenter mengenai kemungkinan implementasi Balance Scorecard di Rumah Sakit Antonius Kota Pontianak sebagai sampelnya.

Hasil penelitian kinerja di Rumah Sakit Antonius Kota Pontianak, menunjukkan bahwa instrument kinerja yang ada dalam Balance Scorecard dapat diterapkan. Hasil analisis kinerja yang dinilai pada keempat perspektif melalui pendekatan konsep Balance Scorecard di Rumah Sakit Antonius Kota Pontianak menunjukkan bahwa 4 (empat) perspektif menunjukkan kinerja yang sangat baik dan lebih terukur.

Kata Kunci: Balance Scorecard


Refbacks

  • There are currently no refbacks.