ANALISIS PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS TANPA AKUNTABILITAS PUBLIK PADA PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN PT. GOLDEN INDAH PROPERTI

Fery Sandy B51111010

Abstract


Salah satu jenis usaha di Indonesia yang mempunyai prospek yang cerah adalah pengembang perumahan. Pengembang perumahan memegang peran yang penting dalam menyediakan rumah layak yang menjadi kebutuhan pokok manusia. Pada tanggal 19 Mei 2009, Dewan Standar Akuntansi Keuangan (DSAK) mengesahkan Standar Akuntansi Keuangan untuk Entitas tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) yang berlaku efektif 1 Januari 2011. Standar ini dimaksudkan untuk digunakan oleh entitas tanpa akuntabilitas publik agar menyusun laporan keuangan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui penyusunan laporan keuangan di PT. Golden Indah Properti berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) dan mengetahui faktor-faktor yang menjadi kendala dalam penerapan SAK ETAP. Penelitian menggunakan metode berupa studi kasus bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu suatu metode yang berusaha memberikan gambaran mengenai data berdasarkan fakta-fakta yang didapat peneliti.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Golden Indah Properti belum menerapkan SAK ETAP secara tepat dan lengkap karena hanya menyusun laporan laba rugi dan laporan neraca. Faktor yang menjadi kendala belum diterapkannya SAK ETAP adalah PT. Golden Indah Properti belum mempunyai staf keuangan yang secara khusus mengerti dan memiliki pengetahuan mendalam tentang pelaporan keuangan yang sesuai dengan SAK ETAP dan kurangnya pemahaman dan kesadaran akan pentingnya SAK ETAP.

 

Kata kunci: Laporan keuangan,  SAK ETAP, Pengembang perumahan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.